Rahasia Sukses India

Tekhnologi Informasi di India menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Diawali dari ide seorang Perdana Menteri yang menjabat pada tahun 90an, Narasimha Rao, yang menarik tenaga ahli India di bidang komputer kembali ke India.

Eksodus tenaga ahli- tenaga ahli dari India ke Amerika ini terjadi karena sebuah program pemerintah India yang melihat perlunya mengirim sumber daya manusia produktifnya untuk belajar lebih dalam mengenai Tekhnologi Informasi di negara yang saat itu menjadi pusat penguasaan Tekhnologi Informasi. Program pemerintah India tersebut mengharapkan mereka kembali ke India untuk meningkatkan mutu pendidikan di India dan membangun perekonomian India dengan basis Tekhnologi Informasi. Boleh dikatakan program tersebut berhasil, hanya bagi para ahli Tekhnologi Informasi,tetapi tidak untuk India itu sendiri. Penyebabnya adalah kenyamanan dan kesempatan untuk berkehidupan yang lebih baik.

Para ahli Tekhnologi Informasi yang dikirim ke Amerika tersebut justru tinggal dan menetap di sana dalam kurun waktu yang relatif lama. Yang terjadi adalah mereka bekerja di perusahaan-perusahaan Amerika yang bergerak di bidang Tekhnologi Informasi tepatnya di Lembah Silikon. Lembah Silikon adalah nama sebuah daerah yang terbentang antara San Fransisco dan San Yose dimana dikota ini terdapat ribuan ahli Tekhnologi Informasi dan sekitar 40% diantaranya adalah orang India. Secara tidak langsung mereka membangun negara tempat dimana mereka bekerja.

Narasimha Rao berinisiatif untuk mulai terbuka dengan modal asing dan menghapuskan monopoli pajak untuk barang modal di bidang industri tekhnologi informasi dengan harapan akan banyak perusahaan-perusahaan asing masuk ke India dan membuka lapangan pekerjaan bagi para ahli TI. Selain itu ia juga menawarkan bagi saham untuk para ahli TI yang bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut. Ternyata program ini berhasil menarik para ahli TI asal India di Amrekia untuk kembali dan membangun India.

Setelah program penarikan ahli TI untuk kembali ke India, pemerintah India bersama-sama dengan para ahli TI tersebut yang pernah bekerja di Amerika membangun Software Technology Park (STP) nya. Dari program ini terdapat dua kota yang dikategorikan sukses. Bangalore dan Hyderabad. Dua kota tersbut telah memberikan kontribusi yang bersar bagi perekonomian India.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s